Syarat dan Ketentuan Pengiriman

  • Harga belum termasuk biaya pickup, packing dan asuransi
  • Berlaku hitungan volumetrik (P x L x T)cm / 4000 = …. kg untuk barang ringan tapi besar
  • Untuk barang pecah belah dan elektronik diwajibkan asuransi dan packing
  • Jadwal keberangkatan Sumatera setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu dari Jakarta
  • Untuk kota-kota yang tidak tertera silahkan kunjungi website kami
  • Gratis pickup minimal 500kg di wilayah Jabodetabek. Dibawah 500kg dikenakan charge tambahan Rp. 75.000,- sampai dengan Rp. 200.000,- tergantung jarak pengambilan dari kantor Satu Cargo
  • Pembayaran cash di muka sebelum barang diberangkatkan
  • Leadtime dihitung H+1 sejak pembayaran diterima
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu

1. PEMBEBASAN TANGGUNG JAWAB

Satu Cargo akan dibebaskan terhadap klaim, tanggung jawab dan tuntutan dari pihak manapun terhadap:

  • Keterlambatan pengiriman ke tujuan dan kehilangan atau kerusakan yang disebabkan oleh keadaan memaksa (force majeure) yang termasuk namun tidak terbatas pada kerusuhan, bencana alam, perang, pembajakan, kerusakan pesawat, limitasi terhadap load space pesawat / kapal / truk atau kondisi lain diluar kemampuan kontrol Satu Cargo.
  • Semua resiko tehnik yang terjadi selama dalam pengangkutan yang menyebabkan Paket yang dikirim tidak berfungsi atau berubah fungsinya baik yang menyangkut mesin atau sejenisnya maupun barang-barang elektronik seperti halnya : TV, Komputer, DVD, AC, Kulkas, Video Player, Mesin cuci dan lain-lain yang sejenis.
  • Kerusakan natural yang disebabkan oleh jenis produk yang dikirim dalam waktu yang dijanjikan, seperti: busuk, berbau, berubah warna, berjamur dan sebagaimana contoh produk makanan atau minuman yang dikirim.
  • Setiap tindakan penahanan dan atau penghancuran paket oleh badan pemerintah seperti: bea cukai, polisi, Jaksa Penuntut Umum.
  • Penahanan dan penyitaan serta pemusnahan terhadap satu jenis Paket oleh instansi pemerintah terkait (Bea Cukai, Kepolisian, Kejaksaan dan lain sebagainya) sebagai akibat hukum dari keberadaan jenis Paket yang bersangkutan.
  • Kehilangan kesempatan memperoleh keuntungan akibat dari kehilangan, kerusakan dan keterlambatan penyerahan Paket.

2. KLAIM / GANTI RUGI

  • Satu Cargo hanya bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang dialami pelanggan akibat kerusakan atau kehilangan dari pengiriman paket oleh Satu Cargo, sepanjang kerugian tersebut terjadi ketika paket masih berada dalam pengawasan Satu Cargo dan semata-mata disebabkan kelalaian pihak Satu Cargo.
  • Kerusakan atau kehilangan akibat kelalaian pihak Satu Cargo hanya dapat diklaim bila pengirim mengasuransikan barang kirimannya melalui asuransi yang disediakan oleh Satu Cargo.
  • Setiap klaim harus disampaikan secara tertulis dan diterima oleh Satu Cargo paling lambat 2 (dua) hari setelah barang diterima oleh penerima, dan harus dinyatakan dengan melampirkan bukti otentik foto/video barang sebelum – sesudah kerusakan, dan juga resi asli.
  • Barang tidak dapat diklaim apabila melebihi waktu yang telah ditentukan di atas, dan tidak ada komplain dalam bentuk apapun di kurun waktu 1 x 24 jam setelah barang diterima dan ditandatangani pada resi.
  • Klaim untuk kerusakan atau kehilangan barang adalah maksimal 10x biaya pengiriman dengan biaya maksimal Rp. 1.000.000,-.

3. KETENTUAN PENGIRIMAN BARANG

  • Satu Cargo berkewajiban untuk mengirimkan semua paket yang telah dibayar (semua biaya transportasi dan setiap biaya tambahan) kecuali ada perjanjian khusus antara Satu Cargo.
  • Pelanggan wajib untuk menuliskan nama dan tujuan alamat penerima secara lengkap dan benar dalam Resi Satu Cargo hanya akan mengirimkan paket jika pelanggan menerima syarat dan kondisi tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga atas nama pihak lain yang memiliki paket.
  • Pengiriman akan dilaksanakan sesuai keterangan penerima yang tertera di dalam Resi. Pengiriman akan dilakukan dalam dua kali (2x) percobaan pengiriman dengan kaidah proses pengiriman sebagai berikut:
    • Pada saat pengiriman pertama tidak berhasil, maka Satu Cargo akan melakukan kontak kepada pengirim dan penerima untuk melakukan percobaan pengiriman kedua.
    • Pada saat pengiriman kedua dilaksanakan namun juga tidak berhasil maupun gagal, maka Satu Cargo akan menyimpan paket tersebut di kantor / perwakilan Satu Cargo terdekat, serta melakukan kontak kepada pengirim untuk meminta kepastian pengiriman yang ketiga atau selanjutnya.
  • Setelah paket disimpan di kantor Satu Cargo, bilamana ada pengiriman ke alamat yang berbeda tetapi berada di dalam wilayah Kota yang sama dan tidak masuk ke dalam area penerusan (forward area), maka Satu Cargo tidak akan melakukan penagihan terhadap pengiriman paket tersebut.
  • Bilamana setelah paket disimpan di kantor Satu Cargo, dan pengirim menginstruksikan untuk; melakukan pengiriman kembali ke alamat pengirim, atau melakukan pengiriman ke dalam wilayah Kota yang berbeda, dan/atau masuk ke dalam area penerusan (forward area), maka Satu Cargo berhak untuk melakukan penagihan terhadap pengiriman paket tersebut.
  • Pelanggan menjamin bahwa isi paket yang dikirimkan sesuai dengan informasi yang dinyatakan oleh pengirim pada Resi Satu Cargo tidak bertanggung jawab terhadap paket yang isinya tidak sesuai dengan keterangan pada Resi tersebut, dan pelanggan sepenuhnya bertanggung jawab terhadap kemungkinan konsekuensi hukum Republik Indonesia yang diakibatkan dari ketidaksesuaian ini.
  • Pelanggan bertanggung jawab untuk pengepakan paket untuk barang-barang kirimannya. Satu Cargo tidak akan bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh kemasan yang tidak sesuai standar Satu Cargo.
  • Satu Cargo memiliki hak untuk menahan atau mengubah rute pengiriman ataupun proses penanganan paket demi alasan keselamatan, keamanan atau operasional tanpa ada pemberitahuan sebelumnya ke pelanggan. Paket akan dianggap telah diterima dalam kondisi baik dan lengkap jika tidak ada keluhan pada waktu paket diterima oleh penerima atau perwakilan dengan bukti tanda tangan pada Resi.
  • Satu Cargo berhak untuk mengambil langkah-langkah yang dianggap perlu segera setelah Satu Cargo mengetahui adanya pelanggaran terhadap kondisi sebagaimana disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini.
  • Pelaksanaan pengiriman sampai ke pintu (door to door) dilaksanakan sesuai dengan informasi keterangan alamat pengirim dan penerima yang tertera di dalam Resi.

Team Satu Cargo

Satu Cargo #UntukIndonesia

Hai! Silahkan Hubungi team kami sesuai kebutuhan anda

Satu Cargo marketing

 


Satu Logistics